Sunday, May 6, 2012

30-an Besi Penutup Gorong-gorong di New York Dicuri

Jakarta Peristiwa pencurian penutup gorong-gorong/got tidak hanya terjadidi Jakarta saja. Di New York pun, kejahatan itu juga ada.

Lebih dari 30 tutup gorong-gorong/got dicuri dari jalanan New York, meninggalkan lubang berbahaya di tengah jalan maupun di trotoar. Puluhan besi penutup itu dicuri dari wilayah kota di Brooklyn, Queens, dan Bronx, sejak awal Maret. Diduga pencuri menjualnya ke pedagang besi tua.

"Pencurian tutup got adalah berbahaya," kata Milovan Blair, wakil presiden perusahaan pemilik tutup itu Con Edison yang beroperasi di Brooklyn-Queens, sebagaimana dilansir Reuters.

"Siapa pun yang mencuri tutup itu telah membuat bahaya serius bagi pejalan kaki dan pengendara," katanya.

Dibanding di Jakarta, pencurian tutup itu lebih terbuka dan memakai seragam tertentu. Saksi-saksi melihat pencuri menggunakan pakaian pekerja utilitas namun tanpa lencana resmi, membuka tutup got dengan dongkrak mobil, memuatnya ke truk pick up dan berjalan pergi, demikian pernyataan Con Edison.

Pencurian tutup got terjadi secara berkala namun pencurian belakangan ini terus meningkat, kata jubir Con Edison, Michael Clendenin.

New York Post melansir, tutup gorong-gorong/got itu terbuat dari besi cor atau material komposit yang beratnya bisa mencapai 136 - 145 kg. Satu tutup bisa dihargai 50 hingga 75 dolar (Rp 460 ribu-Rp 700 ribu). Tingginya harga besi menjadikan tutup got itu menarik untuk dijual sebagai besi tua.

Tutup besi itu berdiameter 81 cm dan untuk menggantinya Con Edison perlu merogoh 200 dolar/tutup (Rp 1,8 juta). 

No comments: