Friday, May 25, 2012

SMKN 29 Jakarta berharap pesawatnya segera terbang

Pesawat rakitan siswa SMKN 29 Jakarta untuk pertama kalinya dipamerkan untuk umum. Pesawat yang diberi nama Jabiru 430 N ini sudah pernah uji coba terbang sebanyak dua kali.

Muhammad Nur, siswa Kelas II SMKN 29 menjelaskan, pembuatan pesawat rakitan ini merupakan inisiatif para guru yang membelikan bahan mentah pesawat. "Bahan mentah itu dirakit oleh siswa secara bergiliran," kata Nur di Pekan Produk Kreatif 2012 DKI Jakarta di Kartika Expo Center, Balai Kartini, Jl Gatot Soebroto, Jaksel, Jumat (25/5/2012).

Pesawat rakitan ini memiliki kecepatan terbang 140 knot atau setara dengan 259 kilometer per jam. Pesawat dengan kapasitas bahan bakar 135 liter ini mampu mengangkut empat orang; pilot, kopilot dan 2 penumpang.

Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo memberi apresiasi atas prestasi para pelajar. "Penghargaaan saya berikan khusus untuk sekolah kejuruan yang hari ini berpartisipasi, salah satunya Jabiru pesawat produksi SMKN 29. Dia tidak hanya diam di sini tapi bisa terbang segera dan diproduksi di Jakarta," kata Foke dalam sambutannya.

Saat berkeliling di lokasi pameran, Foke juga sempat menaiki pesawat Jabiru yang mampu terbang selama 7 jam ini. Jabiru memiliki panjang 8 meter dengan lebar bentang sayap mencapai 10 meter.

No comments: