Saturday, May 26, 2012

Politik · Hukum · Peristiwa · Kriminal · Opini Anda · Info Anda · Forum · Foto · TV detikNews Internasional Protes Kenaikan Harga BBM, Aksi Demo Nasional Akan Digelar di India

New Delhi, Partai-partai oposisi di India menyerukan warga untuk menggelar aksi demo nasional pekan depan. Aksi itu untuk memprotes kenaikan harga BBM di negeri itu.

Sebelumnya, perusahaan minyak milik negara pada Rabu, 23 Mei lalu mengumumkan kenaikan harga BBM yang tertinggi di India dalam hampir satu dekade ini. Kenaikan tersebut untuk menutupi kerugian negara akibat kenaikan harga minyak dunia dan penurunan nilai tukar mata uang rupee.

"Rakyat kebanyakan menderita akibat kebijakan-kebijakan yang salah," cetus Yadav kepada para wartawan seperti dilansir News.com.au, Sabtu (26/5/2012).

Tahun lalu juga telah terjadi beberapa kenaikan kecil harga BBM. Kenaikan-kenaikan ini telah membuat salah satu partai dalam koalisi berkuasa India mengancam untuk mundur dari koalisi.

Inflasi tahunan di India meningkat pada April lalu menjadi 7,23 persen. Harga-harga bahan makanan pun melonjak hingga 10 persen lebih. Laju inflasi ini merupakan ancaman kunci bagi popularitas pemerintahan Perdana Menteri Manmohan Singh. Mengingat para pendukung utama Singh adalah ratusan juta warga India yang miskin.

No comments: