Thursday, May 24, 2012

Mabes Janji Usut Porsche Cayenne Berpelat Nomor TNI

Mabes TNI berjanji akan mendalami mobil Porsche Cayenne Turbo yang mengenakan plat nomor dinas TNI. Pihak TNI tegas membantah bila mobil seharga Rp 3 miliar tersebut terdaftar sebagai mobil dinas di lingkungannya.

"Kita akan dalami informasi itu. Yang pasti di TNI mobil seprti itu tidak ada dalam spec TNI," kata Kapuspen TNI, Laksamana Muda Iskandar Sitompul, kepada detikcom, Jumat (25/5/2012).

Mobil dinas, jelas Iskandar, diberikan untuk menunjang kerja anggota TNI yang membutuhkan. Spesifikasi kendaraan yang diberikan kepada anggota yang membutuhkan sebatas Toyota Kijang ataupun Avanza.

"Kalau Kijang atau Avanza itu biasa untuk bantu kerja anggota, tapi kalau Porsche nanti akan kita dalami," tegasnya.

Sebelumnya ada mobil Porsche Cayenne Turbo yang parkir di Bandara Soekarno-Hatta. Namun begitu melihat pelatnya, ternyata memakai mobil dinas tentara. Apakah pelat asli atau pelat palsu?

"Saat itu saya baru mendarat dari Yogyakarta di Bandara Soekarno Hatta, dan ketika sampai luar, banyak mobil pelat TNI di luar dan juga pengawal-pengawal, sepertinya sedang menunggu tamu atau siapalah. Dan mobil ini salah satu mobil yang parkir di luar," ujar pembaca detikcom, Pranistara, pengirim foto ini.

Dari penelusuran detikcom pelat nomor ini sepertinya merupakan pelat mobil pinjaman. Terlihat dari adanya lima angka awalan di depannya, dan menggunakan angka pertama 9. Angka 00 di akhiran nomor sendiri artinya berasal dari instansi TNI.

Porsche Cayenne Turbo sendiri merupakan SUV mewah berkapasitas di atas 4.000 cc. Untuk model terbarunya saja mencapai Rp 3,85 miliar sebelum pajak.

No comments: