Wednesday, May 16, 2012

Polisi Gerebek Gudang Perakitan BB Ilegal di Pekanbaru


Pekanbaru Polisi menggerebek tempat perakitan BlackBerry (BB) di Pekanbaru, Riau. Ribuan barang bukti diamankan.

Penggerebekan dilakukan di sebuah gudang di kompleks pertokoan di Jalan Riau Pekanbaru, Rabu (16/5/2012). Gudang tersebut terletak di ruko lantai tiga.

Untuk mengelabui orang, bagian depan gudang digunakan untuk menjual ikan hias jenis arwana. "Dari pemeriksaan awal, jumlahnya ribuan (BB). Pemilik masih kita mintai keterangan," kata Kapolresta Pekanbaru Kombes Adang Ginanjar ketika dikonfirmasi detikcom.

Polisi menemukan 'organ dalam' BB. Barang yang diduga berasal dari luar negeri itu, oleh pemilik gudang dirakit kemudian dibuat sebagaimana aslinya. Ketika dipasarkan, barang sudah bernomor IMEI, berhologram, dan bersurat garansi.

"Selain Sumatera, barang ilegal tersebut didistribusikan ke Jawa, Kalimantan, dan Sulawesi," kata Adang.

Di lokasi, polisi menemukan komputer sebagai alat pengisian program, mesin pencetak surat garansi, dan lain-lain. Untuk mengangkut barang bukti, polisi membawa truk.

"Pelaku kita kenakan UU Hak Cipta dan UU Konsumen," jelas Adang.

Berdasarkan informasi detikcom, area distribusi BB ilegal itu mencakup Riau, Medan, Jabotabek, Banjarmasin, Pontianak, Samarinda, Surabaya, Makassar, Denpasar, dan Yogyakarta. Harganya jauh lebih murah dibanding harga pasaran.

No comments: