Monday, April 30, 2012

PKL Benteng Baru (joko sambang)


MOJOKERTO- Pedagang Kaki Lima (PKL) Jl Joko Sambang Kota Mojokerto akhirnya direlokasi di jl. Benteng Pancasila, Senin (30/4/2012). 
Tak satupun PKL yang memilih bertahan di jl Joko Sambang, sebelah selatan klenteng Mojokerto ini.
Meski, Minggu malam kemarin masih tampak empat bedak yang bertahan di sepanjang jalan Joko Sambang, namun Senin pagi kemarin sudah tampak bersih. Tak satupun PKL yang bertahan di Jl Joko Sambang. Mereka memilih pindah di lahan di jalan Benteng Pancasila yang disediakan Pemkot Mojokerto.

“Kawasan yang dinyatakan bebas PKL, seperti halnya kawasan Jl Joko Sambang harus benar-benar steril. Tidak ada alasan pembenaran  apapun yang bisa diajukan untuk memanfaatkan kawasan di luar fungsinya,” ujar Wali Kota Mojokerto Abdul Gani Suhartono di sela-sela launching relokasi PKL Joko Sambang di Jl Benteng Pancasila (Benpas), Senin (30/4/2012).

Menurut Gani, selain kawasan Joko Sambang, kawasan bebas PKL lainnya yakni alun-alun Kota Mojokerto. 

“Untuk alun-alun sudah diagendakan bulan Agustus ini sudah harus clear,” katanya.
Ketua tim relokasi PKL, Harlistyati menjelaskan, bahwa seluruh PKL yang sudah direlokasi terikat dengan MoU. Diantaranya kewajiban membayar biaya retribusi, tanggung jawab keamanan, serta biaya listrik.

“Tapi PKL baru membayar itu setelah bulan ketiga nanti, selama tiga bulan masih gratis, kecuali biaya listrik mereka harus langsung bayar bulan ini,” ujar Harlis.

Selain itu seluruh PKL juga harus mematuhi jam operasional yang sudah disepakati. Seluruh PKL dizinkan berjualan mulai pukul 09.00 hingga 23.00 WIB. 

“Di luar jam itu akan kita tertibkan,” ujarnya Harlis yang juga kepala Diskoperindag Kota Mojokerto ini.

No comments: