Friday, May 11, 2012

Dahlan: Ada yang Tersembunyi di Balik Utang Pemerintah Rp 1.859 Triliun

Jakarta - Menteri BUMN Dahlan Iskan mengungkapkan ada hal yang disembunyikan dari utang Indonesia yang dinilai sangat besar sekali tahun ini yang mencapai Rp 1.859,94 triliun dari posisi di akhir 2011. Apa itu?

"Utang kita memang terus naik, tetapi ada sesuatu yang disembunyikan dari fakta tersebut, dan yang disembunyikan itu harusnya sering dikampanyekan untuk memberikan optimisme," ujar Dahlan dalam acara Ernst and Young Enterprenur di Hotel Four Season, Jumat, Jakarta (11/5/2012).

Menurut Dahlan, tidak salah utang Indonesia terus naik, namun jumlah persentase utang tersebut terhadap PDB menurun.

"Misal begini bagus mana, gaji kita Rp 1 juta tapi punya utang Rp 500.000, dibandingkan punya utang Rp 5 juta tapi gaji Rp 100 juta, bagus mana?" kata Dahlan.

Dahlan bilang itulah yang selama ini disembunyikan, Indonesia banyak utang tetapi ekonominya terus tumbuh.

"Jadi utang banyak tidak salah, utang kita naik tapi ekonomi kita terus tumbuh, bahkan sudah mengalahkan Belanda, tahun depan saya optimis bisa mengalahkan Singapura," kata Dahlan.

Diungkapkan Dahlan, bukti ekonomi Indonesia kuat adalah Indonesia ekonominya mengalahkan negara-negara ASEAN.

"Di ASEAN ada 11 negara, ekonominya Indonesia itu 50%-nya, sementara 50% lainnya dibagi-bagi 10 negara di ASEAN," ujar Dahlan.

Namun yang masih membuatnya 'dendam' adalah perdagangan Indonesia.

"Trading (perdagangan) kita masih nomor 4, masih di bawah Singapura, Malaysia, dan Thailand, ini saya dendam banget, trading kita harusnya bisa jadi nomor 1, dendam ini harus terbalaskan," tukas Dahlan.

No comments: